INVITA 2019

Halo, kali ini saya akan menceritakan tentang acara INVITA 2019 yang dilaksanakan oleh siswa kelas 8 SMP Labschool Jakarta. INVITA merupakan singkatan dari Industri Visit dan Tafakur Alam. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 12 Oktober 2019. Di acara ini siswa akan pergi ke Solo dan Jogja selama kurang lebih 5 hari. Siswa juga diharuskan membuat video laporan INVITA.
       Pada hari Selasa tanggal 8 oktober pukul 18.00 kami berkumpul di stasiun gambir. Pada pukul 20.00 kami berangkat dengan kereta Argo Lawu ke Solo. Kami berangkat dengan memakai baju angkatan. Saat berada di dalam kereta kami beristirahat, ada juga siswa yang salat isya’ dan ada juga yang bertamu ke gerbong sebelah. Satu gerbong biasanya hanya ada satu kelas, walaupun ada yang satu setengah kelas. Saat pukul 23.00 siswa diharuskan tidur.
       Pada pukul 04.00 siswa muslim salat shubuh dan 30 menit kemudian kereta kami sampai di Stasiun Solo Balapan. Kemudian kami membawa barang – barang kami ke bus. Bus yang kami pakai cukup besar dan disediakan oleh Vella auto trans. Kami kemudian diperkenalkan kepada tour guide kami yaitu kusuma tour. Kemudian kami naik bus ke restoran taman sari. Saat datang kami diperintahkan untuk mandi tetapi banyak siswa ( termasuk saya) hanya berganti baju. Kami memakai baju batik labschool kemudian kami makan pagi. Kami mengambil makanan di meja kemudian duduk di tempat yang sudah disediakan.
       Setelah selesai makan kami kembali ke bus untuk pergi ke museum sangiran. Kami berfoto di depan museum dan setelah itu kami masuk ke dalam museum. Di museum sangiran terdapat patung manusia purba. Di museum sangiran juga ada sejarah manusia purba, sejarah sangiran dan juga tulang – tulang hewan purba. Di sini juga terdapat replika manusia purba.
       Pukul 11.30 kami pergi ke masjid untuk salat bagi siswa muslim. Setelah salat kami pergi ke Sritex, sebuah perusahaan tekstil pembuat seragam berkualitas dunia. Dalam perjalanan kami mendapatkan makan siang KFC. Di sini kami mendapat penjelasan tentang sejarah sritex, produk sritex, dan lain – lain oleh humas Sritex. Setelah itu kami masuk ke dalam pabrik garmen 2 & 3 untuk melihat langsung proses pembuatan pakaian Sritex. Setelah itu kami pergi ke toko oleh – oleh untuk membeli tas, topi, dan lain – lain. Saya tidak membeli apa – apa. Setelah itu kami pergi naik bus ke Jogjakarta. Perjalanannya selama 3 jam. Setelah itu kami makan malam di goeboeg restaurant. Setelah itu kami sampai di hotel cavington. Setelah itu kami beristirahat dan mandi. Setelah itu kami tidur. Teman sekamar saya adalah Mughni, Farrel, dan Nayaka.
      Pukul 04.30 kami bangun dan salat shubuh. Kemudian kami mandi dan sarapan. Setelah itu kami pergi ke gunung merapi untuk lava tour. Di sana kami naik jeep dan  harus memakai helm dan masker. Di sana kami pergi ke museum Sisa Hartaku. Di sana terdapat sisa – sisa letusan gunung merapi. Setelah itu kami naik jeep lagi ke Batu Alien. Katanya bentuk batu ini seperti muka orang, tapi menurut saya tidak terlalu mirip. Setelah itu kami pergi ke bunker kaliadem. Lalu kami kembali ke tempat parkir bus. Di situ ada beberapa orang yang menjual foto kami saat lava tour.
      Setelah itu kami pergi untuk makan siang dan salat bagi siswa muslim. Kemudian kami pergi ke desa wisata pentingsari untuk membatik. Banyak yang kesulitan ketika membatik. Kami harus menggambar motif bunga di secarik kertas.
      Setelah itu, kami pergi ke tebing breksi. Setelah berfoto bersama kami naik tebing itu untuk melihat pemandangan. Pemandangannya sangat indah dan kami bisa melihat matahari terbenam. Sebuah candi juga bisa dilihat dari atas tebing breksi. Setelah itu kami kembali ke bus dan kemudian pergi ke jalan malioboro. Setelah 1 jam kami sampai. Kami berwisata di malioboro sampai pukul 21.30. Kami tidak boleh pergi melewati mall malioboro dan tidak boleh masuk mall. Kemudian kami kembali ke hotel.
       Esok harinya, kami mandi dan sarapan kemudian check-out dan pergi ke Candi Borobudur. Di candi borobudur cuacanya sangat panas. Candi ini juga tinggi sehingga kami kelelahan. Setelah kami sampai di atas banyak yang berfoto dan juga beristirahat. Setelah itu kami salat jum’at. Jalan ke masjid dipenuhi oleh orang-orang yang berjualan.
Hasil gambar untuk borobudur

Setelah itu kami kembali ke bus dan pergi ke toko bakpia. Setelah itu kami ke dagadu untuk membeli oelh-oleh. Setelah itu kami pergi ke stasiun. Kami kembali ke jakarta dengan kereta taksaka. Kami sampai di gambir pukul 04.00. Ketika sampai di rumah saya langsung beristirahat.
         Menurut saya INVITA seru dan kusuma tour sangat membantu. Sekian dari saya mohon maaf bila ada typo.

Popular posts from this blog

Karya Tulis

Liburan Sekolah

Coding di mata anak smp labschool jakarta