Karya Tulis

DAMPAK INFLASI PADA STABILITAS EKONOMI INDONESIA
Tujuan Pembuatan :
Karena penulis ingin mencari solusi dari masalah inflasi dan membagikan informasi tersebut kepada pembaca dan untuk  memenuhi syarat kelulusan SMP LABSCHOOL JAKARTA.
Alasan Pemilihan Judul :
Karena penulis ingin mengetahui penyebab dan dampak inflasi dan atas saran guru pembimbing saya.
Metode Pengambilan Data :
Penulis menggunakan teknik studi pustaka untuk mengumpulkan data yaitu teknik menggunakan buku-buku dan artikel-artikel resmi dan terdaftar di internet.
Kata Pengantar
Assalamualikum wr.wb.
            Atas rahmat Allah swt. yang maha kuasa sehingga karya tulis yang berjudul “DAMPAK INFLASI PADA STABILITAS EKONOMI INDONESIA” ini selesai dengan hasil memuaskan dan tepat waktu. Saya berterimakasih pada guru pembimbing saya yang telah membimbing saya dengan baik, kepada kedua orangtua yang telah mendoakan saya serta wali kelas saya dan kepala sekolah SMP Labschool Jakarta.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
                  Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya maka manusia menciptakan alat tukar yaitu uang. Mata uang digunakan sebagai alat tukar, alat menumpuk harta, alat menabung. Setiap negara atau wilayah memiliki mata uangnya tersendiri. Setiap mata uang memiliki nilai yang bisa naik ataupun turun yang disebabkan oleh berbagai faktor. Turunnya nilai mata uang menyebabkan meningkatnya harga secara umum dan sebaliknya.
            Inflasi adalah turunnya nilai mata uang sehingga harga barang naik sedangkan deflasi adalah naiknya nilai mata uang sehingga harga barang turunInflasi dan deflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa dan bukan sekadar tinggi-rendahnya harga.
      Penulis tertarik kepada topik ini karena inflasi merupakan sebuah masalah yang harus dicegah. Inflasi menyebabkan stabilitas ekonomi terganggu. Inflasi juga menurunkan minat menabung. Inflasi juga memengaruhi daya beli, merugikan penawar kredit karena bunga turun dan juga merugikan perusahaan karena biaya produksi yang meningkat. Oleh karena itu penulis membuat karya tulis ini untuk meningkatkan pengetahuan kita semua tentang inflasi. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi kita semua.
1.2  Perumusan Masalah
                  Cakupan masalah yang dibahas berdasarkan latar belakang yang dikemukakan adalah:
1.      Apa itu inflasi?
2.      Apa penyebab inflasi?
3.      Apa faktor yang memepengaruhi terjadinya inflasi?
4.      Apa dampak inflasi?
5.      Berapa perubahan nilai rupiah di tahun-tahun terakhir?
6.      Bagaimana perbandingan rupiah dengan mata uang negara asean lainnya?
1.3  Tujuan Penelitian
                  Selain untuk memenuhi kriteria kelulusan SMP Labschool Jakarta, karya tulis ini juga mempunyai tujuan untuk menambah wawasan warga SMP Labschool Jakarta akan inflasi. Karya tulis ini juga membahas masalah-masalah yang dikemukakan di perumusan masalah.
1.4  Pembatasan Masalah
                  Dalam karya tulis ini penulis hanya membahas masalah-masalah yang sesuai dengan judul karya tulis ini dan masalah-masalah yang dikemukakan di perumusan masalah. Penulis tidak akan membahas masalah-masalah lainnya.
1.5  Teknik Pengumpulan Data
            Untuk mengumpulkan data untuk karya tulis ini maka penulis menggunakan teknik studi pustaka, yaitu mengumpulkan data melalui buku atau artikel-artikel terdaftar di internet.

Comments

  1. Tugas TIK Kelas 8 Pertemuan 6

    Bacalah Baik-baik petunjuk ini!

    Bukalah alamat emailmu di gmail.com!
    Bukalah alamat blog kamu di blogger.com!
    Bukalah alamat blog kamu di wordpress.com!
    Bukalah alamat blog kamu di kompasiana.com!
    Posting atau upload rancangan karya tulismu ketiga blog di atas!
    Isilah rancangan karya tulismu dengan judul karya tulis, tujuan pembuatan karya tulis, alasan pemilihan judul, metode pengambilan data, kata pengantar, daftar isi, bab satu, bab dua, dan bab tiga serta daftar pustaka!
    Kirimkan alamat url link ketiga blog kamu ke email omjaylabs@gmail.com!
    Contoh alamat url link siswa kelas 8 bisa dilihat di https://ghifarialkhawarizmi.home.blog/2020/02/11/karya-tulis/ dan di https://ghifarialkhawarizmi.blogspot.com/2020/02/karya-tulis.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Sekolah

Coding di mata anak smp labschool jakarta